Shipping Vocabulary
Kosakata Shipping / Pelayaran
Abaft = buritan, di bagian belakang
Aboard = Di (atas, dalam), berada di atas/dalam kapal, naik kapal.
Abyss
= That volume of ocean lying below 300 fathoms from surface. Bagian
dasar laut yang menyerupai jurang ngarai yang sangat dalam, biasanya
berada dalam kedalaman 300 mil.
Accommodation
Unit / Floatel = Biasanya digunakan untuk menyelam atau seperti jackup
(liat Jackup), dilengkapi dengan kabin, fasilitas makanan dan kantor
yang mampu menampung hingga 800 personel konstruksi atau operator
platform lepas pantai. Sebuah unit akomodasi biasanya juga dilengkapi
dengan ruang kerja dan fasilitas penyimpanan.
Adrift
= Terapung-apung, hanyut terkatung-katung. Berada dalam kondisi
terapung di laut saat angin betiup kencang dan pada saat pasang air
laut, biasanya digunakan untuk menyebut orang yang tidak berada pada
tempatnya; meninggalkan tempat kerja.
Aframax
= Sebuah kapal tanker yang memuat minyak dengan berat mati
75.000-115.000 ton. Ukuran statistik ini digunakan untuk menjaga
stabilitas ukuran dari “Aframax Tanker”, karena pada beberapa tanker
berat matinya lebih dari 125.000 ton atau bahkan kurang dari 70.000 ton.
Against the Sun = Pergerakan yang berlawanan dengan arah jarum jam. Tali yang kidal digulung dengan cara ini.
AHTS = Anchor Handling Tug & Supply, kapal pengatur jangkar yang juga dikombinasikan dengan fungsi kapal suplai.
All
Risks: Pertanggungan untuk semua jenis kerugian dan kerusakan namun tak
termasuk kerusakan karena sifat barang sendiri, kehilangan kesempatan
pasar dan risiko karena kerusuhan dan peperangan.
Alongside = Berada di samping kapal, dermaga, atau tembok pelindung pelabuhan.
Altar = Tangga/undakan pada dry dock (galangan kapal), yang menuju tepi pantai atau bagian yang rendah.
Anchor
Handling Tug (AHT) = Kapal yang membawa tugas tertentu untuk proses
operasional di laut seperti memasang dan memindahkan jangkar, mengangkut
alat-alat instalasi pengeboran bawah laut, dsb. Kapal tersebut juga
dapat berfungsi ganda sebagai kapal pensuplay kebutuhan (Anchor Handling
Tug & Supply / AHTS).
Anchor Ice = Es, dalam bentuk apapun, yang terdapat di laut dan dapat membahayakan kapal.
ANNUAL SURVEY = Inspeksi tahunan yang dilakukan oleh petugas khusus (biasanya dari class) untuk mengecek keadaan kapal.
Apeak = Kondisi dimana tali pengait pada jangkar telah dikaitkan dan dalam kondisi vertikal.
A-stay
= Kondisi tali pengait jangkar pada saat bagian ujungnya yang bergerak
kira-kira sama dengan sambungan bagian depan yang diam.
Athwart = Menyeberang. Transfer.
A-trip = Kondisi dimana tali pengait jangkar akan segera putus dan menghantam dasar.
Avast = Permintaan untuk segera berhenti, berhenti dari sebuah aksi.
Awash = Terendam air, diliputi ombak.
Ballast
= Pemberat pada kapal yang biasanya digunakan oleh kapal-kapal
pengangkut kargo setelah kargo tersebut dibongkar. Sehingga kapal tidak
kehilangan keseimbangan saat melaju tanpa muatan. Kapal kargo yang tanpa
muatan biasanya memasukkan air laut untuk pemberat, kondisi ini
dinamakan “ballast”.
Bar Taut = Kondisi tali saat mengalami tekanan sedemikian rupa hingga menjadi kaku.
Bareboat
Charter = Proses peminjaman kapal kosong oleh penyewa berdasarkan
perjanjian sewa-menyewa antara pemilik kapal dan penyewa, dengan tarif
sewa yang telah ditentukan. Pada saat kapal tersebut disewa maka menjadi
milik penyewa dan bertanggungjawab atas segala biaya operasional kapal
dan kru kapal serta asuransi kapal sampai batas perjanjian selesai.
Barque
= Kapal layar dengan tiga atau lebih tiang layar, yaitu tiang belakang
yang dipasang pada haluan dan buritan, dan tiang lainnya yang dipasang
pada tengah kapal.
Barquentine =
Kapal layar dengan tiga atau lebih tiang layar, yaitu tiang depan yang
dipasang pada bagian tengah kapal dan tiang lannya yang dipasang pada
haluan dan buritan.
Barratry =
Tindakan operasional yang tidak sesuai dengan prosedur atau etika yang
dilakukan secara sengaja oleh nahkoda atau anak buah kapal tanpa
sepengetahuan pemilik barang atau kapal, dan menimbulkan kerugian baik
bagi pemilik kapal maupun pemilik barang.
Beams Ends = Keadaan kapal saat garis geladaknya hampir berposisi vertikal karena terlalu lama dalam keadaan diam.
Bear
Off = Menapiskan, menjauhkan; perintah yang diberikan kepada awak kapal
di bagian haluan untuk menjauhkan kapal dari dinding dermaga atau obyek
lainnya yang berada di sisi kapal; perintah menjauhkan kapal dari obyek
yang bergerak mendekat.
Before the Mast = Sebutan untuk seseorang yang telah lama berlayar; di depan tiang kapal.
Belay
= Istilah yang sering digunakan pelaut yang menyatakan penangkapan,
atau membatalkan, menghentikan sesuatu; mengikat tali secara cepat
dengan melilitkannya pada paku, atau obyek lain.
Bergy
Bits = Pecahan dari es yang berukuran kurang lebih seukuran rumah
kecil, biasanya merupakan patahan dari bongkahan glasier.
Berth
= Tempat di mana sebuah kapal sedang ditambatkan atau diamankan; tempat
di sekitar kapal yang dipasangi jangkar atau yang akan dilempar
jangkar; akomodasi terbagi dalam kapal; perekrutan kru kapal;
menempatkan kapal pada tempat yang diinginkan.
Beset = Kondisi kapal saat dikelilingi sepenuhnya oleh es.
Bleed the Monkey = Mencuri secara sembunyi-sembunyi isi dalam sebuah tong dengan membuat lubang kecil dan menyedot isinya.
Boat
= Kapal kecil yang biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang atau
kegiatan lainnya dalam skala yang kecil dan untuk jangkauan jelajah yang
kecil pula.
Bone = Busa yang terdapat pada baling-baling kapal yang sedang bergerak yang biasanya jarang diketahui atau diperhatikan.
Booby
Hatch = Penutup yang dapat digerakan secara meluncur yang biasa
terdapat pada kabin kapal kecil, ruang penyimpanan, atau kantor kru
kapal.
Bound = Proses menuju tujuan tertentu atau tempat yang spesifik.
Bouse
= Menghela atau menyeret tali ke bawah. Sebenarnya ‘menghela’ berarti
menarik ke atas, ‘menyeret’ berarti menarik secara horizontal. Perpaduan
kata ini berarti menarik tali ke bawah.
Bowse = Menjatuhkan tali ke bawah.
Brash = Pecahan es yang biasa terdapat di lautan dengan ukuran yang relatif kecil yang berdiameter sekitar 6 kaki.
Breach = Sebutan bagi gelombang atau ombak yang menghantam kapal hingga rusak.
Breast = Garis pemasangan jangkar yang kurang lebih tegak lurus dengan garis haluan dan buritan kapal.
Breast
Rope = Tali jangkar yang terpasang dari bagian haluan atau tengah kapal
dengan sudut yang tepat terhadap garis depan dan belakang kapal.
Brig = Kapal dengan dua buah tiang.
Brigantine
= Kapal perompak atau bajak laut; kapal bertiang dua yaitu tiang depan
dan tiang utama tetapi dengan layar utama depan dan belakang, yang ada
pada abad 19; pengertian pada kapal masa kini adalah kapal bertiang dua
dengan tiang depan dan tiang utama.
Brow = Jalan kecil yang menghubungkan kapal dengan daratan saat berada di dermaga atau di sisi tambatan kapal.
Bucko = Petugas/pengawas yang suka menggertak dan kejam.
Bulk Carrier = Sebuah kapal dengan geladak tunggal untuk membawa kargo/muatan yang sejenis.
Bulkhead
= Bagian depan dan buritan, pembagian bagian kapal secara vertikal
untuk memisahkan interior menjadi beberapa kompartemen. Dapat tembus
air, meningkatkan rigiditas struktur kapal, dapat melokalisasi efek
kebakaran dan air jika terjadi banjir.
Bulk-oil
carrier = Kapal multifungsi yang dibuat untuk mengangkut batubara atau
minyak. Kapal ini biasanya memiliki penutup tahan air agas batubara
tidak basah ketika hujan.
Bunker = Bahan bakar minyak yang digunakan untuk mengoperasikan mesin kapal atau generator.
Buoyage
= Kondisi di mana pelampung sedang dilemparkan atau diletakkan di
lautan untuk menolong orang atau untuk menstabilkan kondisi kapal.
Burgoo
= Nama seorang pelaut yang digunakan untuk menyebut bubur gandum.
Pertama kali disebutkan dalam “Adventures of Sea” karya Edward Coxere
(1656)
By the Board = Di atas kapal atau di sebelah kapal.
Cable = Istilah unit kelautan untuk menyatakan jarak yang bernilai sekitar 1/10 mil atau 608 kaki atau 200 yard.
Calving = Menghancurkan atau memisahkan bongkahan es dari glasier atau gunung es.
Camber
= Bagian geladak yang melengkung untuk menahan air; bagian standar dari
geladak luar yang berukuran sekitar 1/50 lebar kapal.
Camel
= Cekungan di bawah kapal yang terbuat dari logam atau kayu yang diisi
air. Saat airnya terpompa keluar, bagian ini akan dapat mengangkat
kapal. Merupakan alat penting untuk tindakan penyelamatan. Biasanya
dioperasikan secara berpasangan. Telah digunakan di Rotterdam pada tahun
1690; istilah untuk tindakan pengangkatan kapal.
Can
Hooks = Dua pengait datar yang dapat bergerak bebas pada tali rantai
atau kabel. Pengait ini terletak di bagian bawah tong kosong sehingga
berat tong tersebut hanya pada rantai atau kabel yang akan mencegah
pengait terlepas.
Capesize =
Kapal yang terlalu besar untuk melewati Terusan Suez dari Teluk Arab,
sehingga terpaksa melewati Tanjung Harapan, dengan berat mati sekitar
80.000-175.000 ton.
Captain =
Pangkat dalam Angkatan Laut di antara Komandan dan Komodor; Ketua kapal
pedagang/kapal biasa yang memberi perintah di kapal.
Careen
= Mengatur posisi kapal sehingga sebagian besar bagian bawahnya berada
di atas air, untuk keperluan perbaikan atau penambahan bahan anti-karat.
Biasanya dilakukan pada kapal kecil.
Carry on = Melanjutkan pelayaran dengan layar terkembang karena kondisi angin yang memburuk.
Catching up Rope = Tali ringan pada pelampung untuk menahan kapal saat pemasangan jangkar.
Catenary
= Rantai panjang pada bagian tengah tali pengeret untuk mengurangi
tekanan yang mendadak; beban apapun yang dipasang pada tambang kapal
untuk mengurangi tekanan; lengkungan yang terbentuk oleh rantai yang
menggantung pada dua titik.
Cat's Skin = Angin sepoi-sepoi yang hangat pada permukaan laut.
Charter = Penyewaan kapal dengan selang waktu dan jarak pelayaran atau paket perjalanan tertentu.
Charter
party = Kontrak antara pemilik kapal dan penyewa, dengan syarat dan
ketentuan detail setiap tanggungjawab pada transaksi.
Charterer = Pihak yang menyewa kapal dari pemilik kapal.
Check = Mengendurkan tali sedikit, kemudian mematikan ikatan tali tersebut.
Checking = Mengendurkan tali sedikit dengan hati-hati dan teliti.
Chemical
tanker = Kapal tanker yang dibuat khusus untuk transportasi bahan
kimia. Biasanya dilengkapi dengan beberapa tanki berlapis bahan
stainless steel. Kapal ini dapat membawa beberapa bahan kimia yang
berbeda sekaligus, karena masing-masing tanki memiliki sistem pipa dan
pompa tersendiri untuk proses bongkar dan muat bahan kimia.
Chuch = Sebutan yang biasanya diberikan untuk ketua yang adil.
Classification
= Pengelompokan, klasifikasi. Setiap kapal harus memasuki komunitas
klasifikasi jenis kapal tertentu untuk kemudahan asuransi dan perekrutan
tenaga kerja pada kapal. Komunitas klasifikasi ini merupakan badan
independen di bawah pengawasan para professional perkapalan. Untuk
mempertahankan klasifikasi, kapal harus memenuhi standar dan diinspeksi
oleh komunitas klasifikasi yang bersangkutan.
Clock Calm = Cuaca laut yang sangat tenang dengan ombak yang sempurna.
Close Aboard = Dekat, berdampingan, sangat dekat.
Colimation =. Penjajaran yang benar pada bagian optis suatu instrumen.
Combination
carrier = Kapal yang dapat mengangkut baik kargo cair maupun serbuk
atau kering. Ada dua jenis combination carrier: ore carrier, pengangkut
bijih tambang, dan bulk-tank-ships, kapal tanki pengangkut serbuk
kering.
Container vessel = Kapal
yang didesain khusus untuk membawa kontainer standar (TEU). Biasanya
disebut juga cellular container ship. Sebagian besar kapasitas
pengangkutan kargo berada pada bagian atas geladak tempat kontainer
diletakkan, atau pada ruang bersekat tertentu. Kontainer diangkut dan
diturunkan dengan derek khusus. Container ship biasanya melaju dengan
cepat dan terjadwal.
Crack on = Menjalankan kapal atau berlayar dengan kecepatan dan kemampuan penuh.
Craft = Kapal atau beberapa kapal dengan berbagai jenis dan ukuran.
Crane
and Construction Vessel / Unit = Sebuah kapal, perahu, atau kapal selam
yang memiliki perlengkapan untuk konstruksi atau perbaikan suatu
instalasi. Kadang juga menawarkan fasilitas akomodasi. Pelayanan lain
yang ditawarkan adalah fasilitas penyimpanan, suplai air, udara
bertekanan dan listrik, ruang kantor, pusat komunikasi, landasan
helikopter , dan lain-lain.
Crank
= Sebutan untuk kapal yang memiliki stabilitas rendah, yang dapat
disebabkan oleh proses pembuatannya atau karena goncangan kargo yang
dibawanya.
Creep = Mencari obyek tenggelam dengan mengirimkan pencari ke dasar laut.
Crew
= Awak kapal, personel kapal selain nahkoda yang bekerja pada perahu
atau kapal. Kadang-kadang awak kapal dibedakan dengan pegawai kapal;
tetapi pegawai atau petugas kapal dapat berarti awak kapal yang legal.
Crimp
= Seseorang yang mengumpan pelaut dari kapalnya dan merampok pelaut
tersebut, dan atau memaksa pelaut untuk meninggalkan/pindah kapal.
Crude
Oil Carrier = Kapal yang didesain untuk membawa minyak mentah dalam
tanki. Contoh kapal jenis ini diantaranya Panamax (berat mati
50.001-80.000ton), Aframax (berat mati 80.001-120.000ton), Suezmax
(berat mati 120.001-200.000ton), VLCC (berat mati 200.001-350.000ton),
dan ULCC (berat mati 350.001 atau lebih).
Cruise
= Berpesiar. Perjalanan kapal dengan beberapa arah tujuan; berlayar
dengan beberapa arah tujuan untuk kesenangan, pencarian, atau keperluan
latihan.
Cruise ship = Kapal
pesiar, kapal penumpang yang membawa penumpang untuk melakukan
perjalanan wisata diantara beberapa pelabuhan tertentu, biasanya dimulai
dan diakhiri di pelabuhan yang sama. Standar akomodasi dan rekreasi
kapal ini cukup tinggi.
Culage = Menempatkan kapal di atas dermaga untuk keperluan perbaikan.
Customary Dispatch = Kecepatan biasa dan sering digunakan.
Dead
on End = Sebutan untuk angin yang akan menghadang kapal; atau sebutan
untuk kapal lain yang garis haluan dan buritannya ada pada garis pandang
pengamat.
Demurrage = Kompensasi
yang harus dibayar oleh penyewa kapal jika lama waktu bingkar dan muat
barang pada kapal yang disewa melebihi dari waktu yang ditetapkan dari
perjanjian sewa. Besarnya jumlah kompensasi ini biasanya disebutkan
secara eksplisit saat melakukan perjanjian sewa.
Deratisation = Pemberantasan tikus pada kapal.
Dingbat = Sebutan populer untuk alat pengepel yang terbuat dari tali tambang yang digunakan untuk mengeringkan geladak.
Ditty Bag = Tas kanvas kecil tempat pelaut menyimpan sesuatu yang kecil dan menguncinya.
Ditty
Box = Kotak kayu kecil dengan gembok dan kunci tempat pelaut menyimpan
barang berharga, alat tulis, dan berbagai macam sesuatu yang kecil.
Diurnal = Sehari-hari, perhari. Terjadi sekali dalam satu hari.
Diving
Support Vessel = Kapal yang memiliki perlengkapan selam, yang
menjalankan berbagai jenis operasi penyelaman. Kapal ini dapat juga
dioperasikan dengan remote control atau robot penyelam (Remote Operated
Vehicle, ROV).
Donkeyman = Kelasi yang menangani pemanas atau mesin pembantu, dan membantu pekerjaan di ruang mesin.
Donkey's Breakfast = Sebutan yang digunakan oleh pelaut pedagang untuk matras atau tempat tidurnya.
Double
bottom / double hull = Lambung kapal atau bagian bawah kapal yang
dibangun dengan teknik tertentu sehingga terdiri atas bagian dalam dan
luar yang terpisah oleh ruang hampa, biasanya selebar beberapa kaki.
Drift
Ice = Es pada perairan yang mengandung pecahan es kecil yang terapung,
tetapi total area air lebih besar dari total area esnya.
Drilling
Barge = Perahu yang dilengkapi dengan peralatan untuk operasi
pengeboran di laut yang tenang. Biasanya tidak memiliki mesin penggerak.
Kedalaman maksimum pengeboran sekitar 150 meter.
Drilling
Rig = Menara bor dengan sistem pemompa lumpur dan dapat diputar. Dapat
dipasang baik pada pengeboran lepas laut maupun pada instalasi
pengeboran lepas pantai seperti kapal pengebor (drillship).
Drilling
Tender = Instalasi alat pengeboran untuk kapal yang jenisnya tergantung
pada kapal atau perahu untuk penyimpanan, akomodasi, dan sebagainya.
Drillship
= Kapal yang dilengkapi dengan drilling rig (menara bor) dan mesin
penggerak tersendiri. Posisi kapal ini tetap dengan adanya peralatan
pengatur posisi dinamis (Dynamic Positioning Equipment). Kedalaman
maksimal pengeboran sekitar 2.000 meter.
Dry cargo = Kapal yang membawa kargo kering, dapat memiliki satu atau lebih geladak.
Dunnage
= Suatu material dari jenis apa saja, baik permanen maupun sementara
yang digunakan untuk menjaga tempat penyimpanan dan melindungi kargo
selama perjalanan kapal.
DWT =
Suatu unit kapasitas kapal untuk kargo, bahan bakar, barang dan awak
kapal, yang diukur dalam satuan ton yang setara dengan 1.000kg. Berat
mati (dwt) kapal adalah total berat yang dapat dibawa oleh kapal saat
proses pemuatan barang.
Fair = Mengatur, mengubah, atau menyesuaikan bentuk atau ukuran.
Fairway = Jalur air yang dapat dilewati kapal, baik berupa terusan, pelabuhan, atau sungai.
Fake
= Satu lingkar kumparan atau tali; membentuk kumparan atau mengatur
tali untuk ornamen menjadi datar atau tampak datar yang biasanya
berbentuk lingkaran atau segi delapan. Kadang disebut juga “cheesing
down”.
Fang = Katup kotak pompa. Memancing pompa
Farewell Buoy = Pelampung untuk digunakan pada tepi laut yang diberikan dari dermaga.
Fast = Tambang untuk menambatkan kapal; sebutan untuk kapal saat sedang ditambatkan.
Fast Ice = Lapisan es di atas laut yang melebar dari daratan.
Fathom
= Depa; Ukuran 6 kaki (1,83 meter); panjang yang dapat dicapai oleh
lengan laki-laki yang diregangkan. Satu depa kayu artinya memiliki
volume 6’x6’x6’=216 kaki kubik.
Feather Spray = Air berbusa yang naik dengan cepat sebelum buritan kapal berjalan dan baling-baling berputar di air.
Feeder Vessel = Kapal laut jarak dekat untuk mengambil dan membawa barang dan kontainer dari atau menuju kapal laut besar.
Fiddles
= Perekat untuk bahan kayu yang digunakan pada meja makan kapal pada
cuaca yang buruk. Perekat ini akan membatasi gerakan piring, gelas, dan
alat atau tempat makanan lainnya.
Field Ice = Bongkahan es yang ujung-ujungnya tidak dapat dilihat dari kapal.
Flake
= Menggulung tali sehingga masing-masing dua ujung gulungan berjejer
pada geladak bersebelahan dengan gulungan tali yang lain, sehingga tali
dapat lebih mudah dilepaskan.
Fleeting
= Memindahkan moving block pada katrol dari satu tempat ke tempat lain;
memindahkan satu orang atau lebih dari satu area kerja ke area lain di
dekatnya.
Flo-flo-ship = Kapal
khusus yang dapat menyelam sehingga kargo pada kapal dapat terapung atau
hanyut, misalnya pada pengangkutan alat dongkrak yang dapat dibawa
dengan cara “piggy back” dengan flo-flo-ship.
Flotsam, Flotson = Barang-barang dan perabot yang masih terapung-apung setelah terjadi kecelakaan kapal.
Fly Boat = Kapal boat cepat untuk perjalanan penumpang atau lalu lintas kargo pada perairan yang aman.
Fothering
= Menutup lubang kecil pada bagian bawah kapal yang berada dalam air
dengan menambalnya dengan layar yang diisi kayu berat.
Founder = Terisi dengan air dan tenggelam.
Frazil = Es terapung berukuran kecil pada air sungai. Sebutan ini juga digunakan untuk lapisan es yang baru terbentuk pada laut.
Freshen
the Nip = Menikung atau menarik sedikit bagian tali sehingga bagian
tali yang rusak atau terkoyak dapat terbuang atau digantikan dengan
bagian yang masih baru.
Full and By = Berlayar dengan semua layar terkembang.
Furniture = Perabot utama pada kapal, seperti tiang kapal, davit, alat derek, kerekan, dan lain-lain.
Gas
tanker = Kapal khusus untuk transportasi gas (cair) terkondensasi.
Kargo yang paling utama untuk kapal ini adalah LNG (Liquefied Natural
Gas – gas alam cair) yang biasanya berupa gas metana, LPG – Liquefied
Petroleum Gas (gas propana, butana), ammonia, dan etilen. Di atas kapal,
gas dijaga agar tetap cair dengan isolasi berefektifitas tinggi (dengan
prinsip termos air), dengan cara memberikan tekanan tinggi atau
temperatur yang rendah hingga -163oC.
Gilliwatte = Nama yang diberikan kepada seorang kapten kapal pada abad ke 17.
Glory
Hole = Suatu tempat tertutup yang tersembunyi untuk menaruh sampah atau
barang yang tidak diinginkan saat membersihkan geladak.
Gob Line = Tali belakang; seutas tali yang digunakan oleh kapal kecil untuk bertambat;
Growler = Gunung es kecil hasil pecahan gunung es besar.
Handymax = ukuran 30,001 dwt - 50,000 dwt
Handysize = ukuran 10,000 dwt - 30,000 dwt
Haul = Menarik, menghela
Hawser
= Tali kabel baja yang fleksibel atau tali serat yang diunakan untuk
menarik atau membelokkan sesuatu, dan untuk penambatan.
Hazing = Perlakuan sewenang-wenang dengan menyuruh orang bekerja terus-menerus, mengomel, dan berlaku kejam.
Head Fast = Tali penambat yang menjulur ke dapan dari ujung depan kapal.
Headway = Gerakan kapal ke depan di atas air.
Heave = Mengangkat.
Heavy Floe = Bongkahan es terapung dengan ketebalan lebih dari 3 kaki.
Hoist = Menaikkan
Horse Marine = Pelaut yang tidak cekatan.
Hove = Terangkat
Hove
To = Kapal yang berada hampir melewati angin, tetapi lalu berhenti, dan
tetap pada posisi ini dengan layar terkembang atau mesin yang tetap
menyala.
Hoveller = Seseorang
yang membantu penyelamatan jiwa dan barang-barang dari kapal yang
mengalami kecelakaan di dekat pantai. Jika diperlukan, seringkali berada
di kapal kecil pada perairan dangkal untuk menunggu datangnya kapal.
HSS
- Highspeed Sea Service = Konsep kapal ferry cepat dengan lambung ganda
atau multilambung dengan kapasitas angkut hingga 1500 orang penumpang
dan sekitar 400 mobil.
Hull Down =
Sebutan bagi kapal yang berada pada jarak jauh saat lambung kapal
berada di kaki langit dan tiang serta bagian atasnya dapat terlihat.
Hulling
= Floating Mengapung pada kondisi angin dan laut yang tenang; berlayar
pada kondisi tenang; menembus kapal dengan proyektil.
Idle time = Periode waktu dari saat kapal mulai beroperasi tetapi belum menghasilkan keuntungan.
Idler
= Anggota awak kapal yang bekerja sepanjang hari tetapi tidak ikut
berjaga di malam hari, misalnya tukang kayu dan pembuat layar.
Indulgence Passenger = Seseorang yang diberi tiket kapal gratis, biasanya karena kasihan atau untuk menghibur.
Intermediate
survey = Inspeksi kapal oleh surveyor golongan klasifikasi kapal yang
biasanya diadakan sekitar dua setengah tahun sebelum dan sesudah
inspeksi khusus. Inspeksi ini biasanya lebih teliti daripada inspeksi
tahunan dan bertujuan untuk menjamin kelayakan standar kapal dalam
golongan klasifikasi tertentu.
Jack
Nastyface = Nama panggilan untuk pelaut yang tidak populer, berasal
dari nama pelaut yang pernah menulis pamflet mengenai kondisi Angkatan
Laut Inggris pada awal abad 19.
Jackup
= Instalasi yang dapat bergerak yang terdiri atas dek besar dengan kaki
yang bias didongkrak. Saat beroperasi, kaki dongkrak dipasang pada
dasar laut lalu kapal didongkrak. Saat operasi selesai, kaki dongkar
ditarik kembali dan alat ini akan mengapung. Biasanya alat ini tidak
dilengkapi dengan mesin penggerak tersendiri (kedalaman air maksimal
110-120meter). Biasanya digunakan sebagai pengebor.
Jerque = Pencarian kapal oleh suatu badan tertentu karena bahan-bahan yang diangkut kapal tersebut yang ikut hilang.
Jetsam = Barang-barang yang telah keluar dari kapal dan tengelam.
Jimmy Bungs = Nama populer untuk rekanan kapal.
Jolly Boat = Kapal kecil yang merupakan bagian dari kapal besar untuk keprluan tertentu.
Keckling
= Mengikatkan tali kecil di sekeliling kabel atau tambang untuk
mencegah kerusakan terkikisnya kabel atau tambang tersebut.
Kedging = Menggerakkan kapal dengan melempar jangkar dan menarik kapal menuju jangkar tersebut.
Kelter = Perintah dan kesigapan yang baik.
Kenning
= Istilah yang digunakan pada abad ke 16 untuk jarak daratan yang dapat
diamati dari kapal di laut. jarak ini bervariasi dari 14 hingga 22 mil
tergantung kondisi atmosfer pada area tersebut.
Kentledge
= Pemberat kapal permanen yang terbuat dari bijih besi, yang secara
khusus dibentuk dan ditempatkan pada setiap sisi kapal. Nama ini kadang
juga diberikan untuk pemberat apa saja yang terbuat dari besi.
Key of Keelson = Barang palsu yang biasanya terkirim kepada pelaut yang belum berpengalaman.
Killick = Istilah kelautan untuk jangkar. Berasal dari nama batu yang digunakan sebagai jangkar.
Kippage = Nama yang pernah digunakan untuk menyebut perlengkapan kapal, termasuk personelnya.
Knots per Hour = Lambang satuan yang tidak pernah digunakan bagi pelaut yang hati-hati, karena tidak jelas dan tidak logis.
Kraken = Monster laut terkenal yang diperkirakan pernah terlihat di laut Amerika dan Norwegia.
Laden = Dimuat, bermuatan. Sebuah kapal disebut laden/bermuatan ketika sedang membawa kargo.
Lading = Barang yang dimuat ke dalam kapal. Kegiatan memasukkan muatan pada kapal.
Lagan = Barang-barang tenggelam yang telah diselamatkan untuk proses perbaikan selanjutnya.
Lanyard = Tali atau tambang yang digunakan untuk penyelamatan atau penambatan.
Large = Sebutan untuk kapal yang berlayar dengan angin yang bertiup pada belakang tiang kapal, tidak pada bagian kanan buritan.
Lascar = Suku asli India Timur yang dipekerjakan sebagai pelaut.
LASH - Lighter Aboard Ship = Kapal tongkang, yaitu kapal yang dapat membawa tongkang di atasnya.
Lask = Berlayar dengan layar lebar, dengan kekuatan angin yang menghadang tiang sekitar 4 poin.
Lay Aboard = Bergerak mendekati, menjejeri.
Lay Out = Perintah kepada para awak kapal untuk berbaris; menjaga kapal tetap pada posisi tertentu hingga beberapa waktu.
Lay the Land = Meninggalkan daratan dengan berlayar hingga daratan tampak tenggelam di bawah langit.
Laying
on Oars = Memegang dayung dengan sudut yang tepat terhadap garis depan
dan belakang kapal dengan posisi horizontal dan paralel terhadap
permukaan air. Digunakan juga sebagai istilah sindiran untuk pemalas
atau yang tidak dapat menggerakkan kapal dengan dayung.
Lay-up
= Menambatkan kapal untuk sementara dengan jangkar yang terlindungi,
mematikan semua sistem operasi yang penting dan memeriksa keadaan kapal.
Biasanya kapal mengalami lay-up selama beberapa waktu ketika pemiliknya
beranggapan bahwa perjalanan kapal pada waktu tersebut tidak
menguntungkan.
Lazarette, Lazaretto = Tempat penyimpanan perbekalan kapal; kapal atau bangunan tempat seseorang dikarantina.
League = Ukuran jarak sepanjang tiga mil. Setara dengan 1/20 derajat garis lintang.
Lee Lurch = Gulungan berat untuk menghadapi angin yang menerpa tiang kapal.
Lie = Diam pada suatu tempat atau posisi.
Lie By = Diam di samping kapal lain.
Lie To = Membeli kapal dan mendiamkannya dengan terpaan angin.
Light Hand = Pelaut yang muda tetapi pintar.
Light Port = Bak atau tingkapan yang dilengkapi dengan kaca.
Limber Holes = Lubang pada lantai kayu atau pelindung samping tanki tempat masuknya air kotor pada lambung kapal.
Line = Tali atau tambang yang ringan; tali kecil untuk kegunaan tertentu.
Liner
= Kapal yang berlayar dengan rute dan waktu perjalanan yang telah
ditentukan sebelumnya, dengan jadwal pelayaran yang terpublikasi.
Lipper = Laut kecil yang airnya naik di atas haluan atau bibir kapal.
Lobscouse = Sup yang biasa untuk makanan di kapal terbuat dari daging dan sayuran siap saji.
Lo-lo-ship = Lift on-lift off-ship. Kontainer atau barang-barang lain yang dinaikkan ke atas kapal dengan alat derek.
Lop = Laut yang dangkal tetapi sangat bergelombang
Lubber = Seseorang yang kikuk atau tidak ahli.
Lumper
= Seseorang yang bekerja pada kapal yang tidak bermuatan di dermaga,
atau yang membawa kapal dari satu dermaga ke dermaga lainnya.
Lurch = Kapal lain yang muncul tiba-tiba di laut.
Lying to = Sebutan bagi kapal saat berhenti atau diam di dekat terpaan angin pada cuaca buruk.
M/T-Motor Tanker = Tanker yang digerakkan dengan mesin diesel.
Mariner
= Secara umum berarti seseorang yang bekerja pada kapal laut. Kadang
juga diartikan sebagai pelaut yang bekerja di geladak.
Marry
the Gunner's Daughter = Istilah populer yang digunakan oleh Angkatan
Laut zaman dulu untuk aksi mencambuk, biasanya saat berhadapan dengan
senjata api.
Master = Petugas yang memberikan perintah pada kapal komersil. Biasanya untuk sebutan petugas navigasi pada kapal.
Mate
= Petugas asisten Master; pegawai kepala; orang yang telah lama
bertanggungjawab pada penyimpanan dan pemeliharaan kargo serta
pengorganisasian kerja pelaut dan navigasi.
Middle Ground = Area laut di antara dua terusan navigasi.
Modern Mariner Glossary
Moor
= Menjaga kapal pada posisi tertentu dengan dua atau lebih jangkar dan
kabel; memasang satu atau lebih pelampung pada kapal; mengamankan kapal
dengan memasang tali.
Narrow
Channel Rule = Peraturan tentang pengaturan terjadinya tabrakan yang
mengharuskan kapal untuk bernavigasi pada jalur yang sempit untuk
menjaga agar bagian kanan jalur yang dilalui kosong.
Newbuilding = Kapal yang baru sedang dibangun.
Nipped = Sebutan bagi kapal yang tertekan oleh balok es di kedua sisinya.
Nog = Paku kayu pada pantai untuk membantu kapal yang tergelincir.
Nunatak = Puncak berbatu yang berada pada daratan es.
OBO carrier = Kapal pengangkut; kapal yang dibangun untuk dapat membawa berbagai jenis kargo (minyak/kering/bijih-Oil/Bulk/Ore)
Off
and Fair = Perintah untuk membuang bagian kapal yang berbahaya,
mengembalikannya ke kondisi dan bentuk yang seharusnya, atau
menggantinya.
Off-hire = Periode
waktu ketika kapal untuk sementara tidak dapat beroperasi karena
keperluan pemeliharaan, perbaikan, atau pembongkaran.
Offing
= Area laut yang berada di antara langit yang terlihat dan garis tengah
antara langit dan pengamat di pantai. Tetap dalam keadaan offing
berarti menjaga jarak dari laut.
Offshore
service vessels = Isitilah umum bagi kapal khusus yang digunakan untuk
eksplorasi, pengembangan, dan produksi minyak dan gas yang ditemukan di
laut.
Oil tanker = Kapal yang
membawa minyak mentah atau hasil penyulingan. Jika kapal memiliki
peralatan untuk membawa beberapa jenis kargo secara bersamaan, kapal
jenis ini disebut Parcel Tanker. Shuttle tanker adalah tanker yang
membawa minyak dari tambang minyak lepasa pantai menuju terminal. Tanker
minyak yang dibuat khusus untuk transportasi hasil penyulingan, kadang
dilengkapi dengan tanki yang diberi cat atau lapisan khusus di bagian
dalamnya, disebut product carrier.
OSV = Offshore Support Vessel. Kapal penunjang lepas pantai.
Overhaul
= Memeriksa untuk keperluan perbaikan atau penyesuaian; menyusul;
memperluas katrol sehingga jarak antar geladak semakin besar.
Pack-Ice = Beberapa balok es besar terapung yang telah menjadi satu dan menjadi lebih sulit atau lebih mudah terjangkau.
Paddy's Purchase = Istilah pelaut untuk menyebut pemasangan tali yang sangat mudah tanpa kesulitan apapun.
Painter
= Tali pada badan kapal untuk menjaga posisinya saat proses pengeretan;
rantai untuk mengamankan jangkar pada tempat tertentu.
PANAMAX
= Kapal yang memiliki berat mati sekitar 50.000-75.000 dwt dengan lebar
dan panjang maksimum (lebar 32,2 m) dan dapat melewati terusan Panama.
Pancake Ice = Lempengan es kecil yang baru terbentuk berbentuk lingkaran yang tidak menghalangi jalannya kapal.
Parclose = Lubang lentur pada kapal.
Parting
Strop = Kulit yang dimasukkan diantara dua tambang dan lebih lemah
daripada tambang tersebut, sehingga akan melindungi tambang dari tekanan
yang berlebih; kulit khusus untuk memegang tambang.
Pay
Off = Menurunkan awak dan menutup perjanjian kapal komersil; pelepasan
pangkat pada kapal militer; sebutan bagi haluan kapal saat menghindari
angin.
Peggy = Sebutan yang
populer di kapal militer/komersil bagi pelaut yang kewajiban lemburnya
adalah membersihkan/membereskan bagian kapal yang berantakan.
Petty
Officer = Pangkat diantara petugas dan kelasi, dan merupakan pimpinan
kelasi. Biasanya memiliki hak istimewa yang berhubungan dengan
pangkatnya.
Piggin = Ember kayu yang sangat kecil satu pegangan. Digunakan sebagai gayung pada kapal kecil.
Pinnace
= Sebelumnya merupakan sebutan bagi kapal layar bertiang dua, kadang
dilengkapi dengan dayung. Istilah sekarang berarti kapal kecil dengan
layar atau mesin milik Angkatan Laut dengan panjang 36 kaki.
Pool
= Kolam. Genangan air yang tertutup atau hampir tertutup; perkumpulan
yang fluktuatif terdiri atas orang-orang yang dapat mengawaki kapal, dan
dapat bertambah anggota.
Pooping = Sebutan bagi kapal atau laut, saat ombak secara berturutan menyapu kapal dan masuk ke geladak melalui buritan.
Popple = Lautan yang pendek.
Port
Hole = Celah kecil, biasanya berbentuk lingkaran, yang ada di sisi
kapal. Digunakan sebagai penerangan, ventilasi, dan fungsi lainnya.
Primage
= Uang yang dibayar oleh pemilik kapal kepada master/pimpinan kapal
karena keuletannya dalam menangani kargo. Kadang tidak berupa uang,
melainkan tambahan muatan. Jumlahnya sekitar 1% dari total kargo.
Procuration
= Aksi yang dilakukan oleh seseorang atas nama orang lain; sebuah
dokumen yang mengizinkan seseorang untuk melakukan sesuatu atas nama
orang lain.
Production Ship = Kapal khusus yang dapat memompa minyak melalui saluran pipa yang fleksibel dari dasar laut.
Production Unit = Bangunan yang diperlukan untuk produksi minyak dan gas.
Products
Tanker = Kapal yang didesain untuk membawa minyak hasil penyulingan
dalam tanki. Jenis-jenisnya antara lain: Coastal (sekitar 3,001 dwt -
10,000 dwt approx), Small (sekitar 10,001 dwt - 19,000 dwt), Handy
(sekitar 19,001 dwt - 25,000 dwt), Medium (sekitar 25,001 dwt - 45,000
dwt), LRI (Long Range One) (sekitar 45,001 dwt - 70,000 dwt), LRII (Long
Range Two) (sekitar 70,001 dwt - 100,000+ dwt).
Propogation = Gerakan puncak ombak yang keras.
Protest
= Pernyataan di bawah sumpah yang dibuat sebelum ke notaris umum, yang
menyangkut kehilangan, kerusakan, atau gangguan yang terjadi pada saat
pelayaran.
PSV = Platform Supply Vessel. Kapal Penyuplai Bangunan lepas pantai.
Punt
= Kapal kecil yang digerakkan dengan mendorong galah yang ujung
bawahnya berada pada dasar air; menggerakkan kapal dengan menancapkan
galah pada dasar air; perahu galah.
Puoy
= Galah terpaku yang digunakan sebagai penggerak rakit atau kapal
dengan menyandarkan bagian ujungnya pada obyek yang tidak bergerak.
Purser's Grin = Senyuman kritis, menyeringai.
Quarter = Bagian kapal di antara tiang dan buritan.
Quarter Boat = Kapal kecil yang diangkut pada bagian quarter kapal, dan diatur agar siap digunakan mendadak saat berada di laut.
Quarter
Spring = Tali yang direntangkan ke dapan dari bagian quarter kapal
untuk mencegah berubahnya buritan atau untuk menarik kapal ke depan.
Quay
= Dermaga. Suatu bangunan yang menjorok ke laut untuk fasilitas proses
bongkar dan muat barang, pendaratan dan keberangkatan penumpang,
perbaikan atau pemulihan kapal.
Radome
= Pelindung berbentuk bulat yang ditempatkan pada pemindai radar untuk
mencegah resiko goncangan dan untuk melindungi radar dari efek cuaca.
Rafting = Menumpuk pinggiran bongkahan es, sehingga sebagian dari satu bongkahan ada di atas bongkahan lain.
Reach = Aliran lurus air yang berada di antara dua tikungan sungai atau terusan.
Rector = Nama yang diberikan kepada Master kapal pada abad ke 11 dan 12.
Reefer Vessel = Kapal yang memiliki fasilitas pendingin untuk penyimpanan kargo.
Refit = Penggantian gigi mesin yang sudah terpakai atau rusak dengan gigi yang baru.
Return Port = Tempat untuk turun atau kembalinya pelaut yang dibebastugaskan.
Rooming = Kondisi perairan yang mendukung jalannya kapal.
Ro-ro-ship
(Roll on - Roll off) = Kapal kargo dimana bongkar muat kargo dilakukan
dengan kendaraan, baik dengan mobil/trailer atau truk khusus. Ada tiga
jenis ro-ro ship, yaitu: ro-ro ship yang beroperasi untuk membawa
kontainer, lempengan, atau kargo umum lainnya yang dapat diangkut dengan
kendaraan, ro-ro ship untuk transportasi mobil baru (jenis ini disebut
PCC-Pure Car Carrier) atau dapat juga mengangkut barang lain yang dapat
bergerak, dan ro-ro ferry yang dapat mengangkut kombinasi antara kargo
bergerak (mobil dan truk) dengan penumpang.
ROV = Remote Operated Vehicle – Mesin/Kendaraan berpengendali jarak jauh.
Rummage
= Dulu diartikan sebagai kegiatan membongkar kargo. Sekarang berarti
kegiatan pencarian kapal secara hati-hati dan teliti.
Run Out = Melempar jangkar atau tali tambang dari kapal ke suatu titik tertentu di luar kapal.
Sailing Ice = Massa es berukuran kecil pada jalur perairan yang masih dapat dilalui oleh kapal.
Sailor
= Pelaut. Seseorang yang bekerja pada kapal untuk perairan dalam.
Kadang juga diartikan sebagai seseorang yang pergi ke laut. Secara resmi
diartikan sebagai pelaut yang bekerja pada geladak. Dulu diartikan
sebagai seseorang yang memiliki pengalaman di laut.
Sallying
= Memutar kapal yang terjebak lapisan es untuk menghancurkan permukaan
es yang mengelilingi kapal. Kadang juga dilakukan saat kapal terjebak
daratan.
Scrap = Kapal tua atau
kapal bekas yang tidak dapat beroperasi lagi yang dijual kepada penadah
untuk melucuti bagian kapal dan menjual kembali besi pembentuknya. Saat
harga sewa kapal turun, nilai penjualan sisa kapal ini akan lebih tinggi
dari nilai jual kapal itu sendiri, terutama jika kapal itu membutuhkan
biaya tinggi untuk proses survey khusus.
Scuttle Butt = Tong berpelindung yang bertutup pada bagian atasnya sebagai tempat membawa air bersih.
Sea Battery = Penyerangan terhadap pelaut oleh Master kapal saat berada di laut.
Sea
Boat = Perahu pada kapal yang dijaga agar siap diluncurkan
sewaktu-waktu saat berada di laut, kadang disebut juga kapal
darurat/kecelakaan; kapal kecil yang menyertai jalannya kapal besar
untuk menilai performa kapal besar tersebut di laut.
Sea Captain = Master kapal laut. Petugas bersetifikat yang kompeten dan berkualitas untuk menjadi master kapal laut.
Sea Dog = 1. Pelaut tua yang berpengalaman; 2. anjing laut; 3. prajurit Ratu Elizabeth.
Sea Lawyer = Istilah kelautan untuk orang yang suka berargumen.
Sea
Smoke = Gas yang naik seperti uap atau asap dari air laut yang
disebabkan oleh udara dingin yang berhembus di atas permukaan laut.
dapat juga diartikan sebagai asap beku, kabut uap, kabut air hangat,
atau asap air.
Seafarer = Seseorang yang berpenghasilan dari bekerja di laut.
Seamanlike = Meniru sikap atau cara berpakaian seorang pelaut.
Second Greaser = Nama populer kuno untuk kelasi kelas dua.
Seiche
= Osilasi berperiode pendek pada perairan yang tertutup atau sebagian
tertutup, yang tidak disebabkan oleh gaya gerak kapal.
Seismic
ship = Kapal yang dapat melakukan pemetaan struktur geologi pada dasar
laut dengan menembakkan senapan udara yang akan mentransmisikan
gelombang suara ke dasar laut. Gaung dari tembakan tersebut ditangkap
dengan alat pendengar/hidrofon yang dipasang di bagian belakang kapal.
Kapal seismic dapat menghasilkan data yang merupakan faktor intrinsik
dari suatu material yang memerlukan pengujian pengeboran.
Semisubmersible
= Instalasi yang dapat bergerak yang terdiri dari sebuah geladak yang
berada pada beberapa tiang, yang terpasang pada dua atau lebih ponton.
Saat beroperasi, ponton akan diisi air dan tenggelam. Posisi instalasi
ini distabilkan dengan beberapa jangkar, tetapi dapat juga dengan
perangkat DPE-dynamic positioning equipment. Umumnya memiliki mesin
penggerak tersendiri, maksimal berada pada kedalaman air 600 – 800
meter.
Sewed = Sebutan bagi kapal
saat tingkat kedalaman air terlalu dangkal untuk pelayaran kapal. Juga
sebagai sebutan untuk air yang menyurut yang menyebabkan kapal harus
berlabuh.
Shallop = 1. perahu kecil dengan satu atau dua dayung. 2. kapal nelayan kecil yang memiliki layar. 3. sekoci.
Sheet = Tali yang digunakan untuk menyesuaikan atau mengendalikan layar pada kapal layar yang sedang beroperasi.
Shelf-Ice
= Es daratan, baik yang mengapung atau berada pada daratan, yang
terbentuk dari butiran salju yang telah membentuk lapisan tetapi tidak
membentuk gunung es.
Shellback = Pelaut kawakan dan berpengalaman.
Ship
= 1. kapal laut; 2. kapal yang memiliki sertifikat pendaftaran. Secara
teknis berarti kapal layar yang memiliki tiga atau lebih tiang layar.
Pada zaman Victoria berarti kapal yang memiliki paling tidak dua tiang
layar pada bagian depan dan belakangnya. Melaut/berlayar berarti
menggunakan kapal.
Shipmaster =
1. Seseorang yang memberi perintah dalam kapal. 2. Seseorang yang
bersertifikat kompeten untuk memimpin kapal. 3. Marinir ahli.
Shoot Ahead = Melaju dengan cepat. Mendahului kapal lain dengan cepat saat berlayar.
Short
Stay = Sebutan bagi jangkar atau tambang kapal, saat panjang tambang
yang terjulur tidak sampai setengah dari kedalaman air.
Sighting = Pengamatan dengan mata; memeriksa dan menandatangani dokumen sebagai bukti keasliannya.
Sighting
the Bottom = Mengangkat, membalik, atau memiringkan kapal dan memeriksa
bagian bawahnya dengan teliti untuk menetahui adanya kerusakan.
Signed
Under Protest = Menandatangani sesuatu atas paksaan dan sebenarnya
tidak setuju dengan dokumen yang ditandatanganinya, setelah menyatakan
ketidaksetujuannya.
Singling Up =
Menyimpan tali tambang yang tidak diperlukan, sehingga hanya sejumlah
kecil saja tambang rusak yang harus dibuang saat kapal meninggalkan
dermaga.
Sixteen Bells = Bunyi
lonceng kapal sebanyak 16 kali, yang biasanya dibunyikan pada tengah
malam tahun baru. Delapan kali dibunyikan untuk jam ke 24 akhir tahun,
dan delapan kali untuk jam ke 00 tahun baru.
Slob = Pecahan es di teluk, atau pada pinggiran gumpalan es yang besar.
Slop Chest = Kotak atau kompartemen untuk penyimpanan pakaian awak kapal.
Slop Room = Kompartemen untuk menyimpan pakaian untuk keperluan awak kapal.
Small Tanker = Tanker dengan berat mati lebih kecil dari 50.000 dwt.
Smelling the Ground = Sebutan bagi kapal yang bagian bawahnya sangat dekat dengan dasar laut dan hampir menyentuhnya.
Snorter = 1. dengusan, orang yang mendengus; 2. angin yang sangat keras.
Snub = Menghentikan tali atau kabel yang sedang diulurkan secara tiba-tiba.
Snubber Line = Tali yang digunakan untuk memeriksa jalannya kapal saat berbelok ke dermaga atau lembah.
Soft Tack = Roti segar.
Son
of a Gun = Pelaut yang terlahir di atas kapal perang, yang pernah
dipercaya sebagai salah satu faktor penting untuk menjadi pelaut yang
baik. Merupakan istilah pujian untuk pelaut yang bekerja dengan
sempurna.
Soogee Moogee/Sujee-mujee = Serbuk pembersih untuk membersihkan kayu atau permukaan yang dicat.
Spanking = Gerakan cepat dan lincah yang dilakukan oleh kapal yang melaju atau hembusan angin.
Special
survey = Pemeriksaan kapal oleh surveyor klasifikasi kapal yang
dilakukan setiap empat atau lima tahun sekali. Pemilik kapal kadang
harus mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan kapal agar lolos pada
pemeriksaan yang keempat atau kelima, atau pilihan lainnya adalah
membongkar kapal sebelum pemeriksaan.
Spile Hole = Lubang kecil pada tong untuk masuknya udara saat pengeluaran isi tong.
Spindrift = Sapuan air yang terpisah dari puncak ombak yang disebabkan oleh angin yang kuat.
Splice
Main Brace = Mengeluarkan rum ekstra pada pembagian makanan. Suatu
penahan, kadang berupa tali meruncing yang disambungkan pada keadaan
tertentu.
Spooning = Melaju lurus menghadapi angin dan laut.
Spot market = Pasar penyewaan kapal untuk perjalanan tunggal.
Spray = Air yang memercik di udara sebagai partikel.
Spring
= 1. Tali yang terjulur dari bagian belakang kapal ke satu titik di
luar kapal. Dengan menarik tali ini kapal dapat bergerak maju. Kadang
digunakan kabel jangkar untuk menggerakkan kapal ke depan; 2.
kecenderungan bagian depan kapal mendekati angin; 3. pembukaan pelapis;
4. tiang kapal yang patah sebagian.
Spume = Buih laut.
Staith = Alat untuk menaikkan kargo ke atas kapal. Juga merupakan sebutan untuk tempat pendaratan atau tempat pemuatan.
Stanch = Sebutan bagi kapal yang kokoh, kuat, dan tampak tidak mungkin bocor.
Stand-by
Vessel = Kapal yang berpusat di sekitar suatu instalasi lepas pantai
dengan tugas untuk mengevakuasi kru instalasi tersebut pada keadaan
darurat, dan menjaga agar kapal lain tidak mendekati instalasi.
Stave off = Melepaskan sesuatu dengan tongkat, kait kapal, tiang panjang, dan lain-lain.
Stemming
= 1. menstabilkan posisi saat melalui sungai atau aliran ari pasang; 2.
melaporkan kedatangan kapal di dermaga kepada pengawas dermaga.
Stern Sheets = Bagian kapal pada halangan belakang buritan, atau diantara halangan belakang dan geladak belakang.
Storage
= Penyimpanan/pergudangan. Fungsi kapal yang kadang lebih cenderung
untuk peyimpanan daripada untuk transportasi kargo. Saat permintaan
pasar menurun, kapal dapat menghasilkan keuntungan yang lebih banyak
dari fungsi penyimpanan.
Storis = Bongkahan es besar bergerak, yang berumur lebih dari dua tahun, yang meluncur di pantai tenggara Greenland.
Storm Bound = Melempar jangkar atau tidak dapat melanjutkan perjalanan karena cuaca badai.
Stow = Mengemas secara kompak dan aman.
Stretch Off the Land = Istilah lama pada kapal layar untuk berlabuh sejenak.
Submersible
= Instalasi bergerak yang dibangun untuk operasi pengeboran di perairan
dangkal, yang diturunkan hingga dasar laut dengan kedalaman air
maksimal 30 - 40 meter.
Suck the
Monkey = 1. menghisap rum dari buah kelapa, dimana rum tersebut
dimasukkan ke dalam kelapa dari lubang kecil; 2. menghisap isi tong
kecil dari lubang kecil, biasanya dengan menggunakan sedotan.
Suezmax
= Kapal dengan berat mati sekitar 115.000 – 200.000 dwt dengan panjang
dan lebar maksimal dan didesain untuk dapat melewati Terusan Suez.
Sujee;Suji-muji = Sabun atau serbuk pembersih yang dicampur dengan air bersih; membersihkan cat dengan sujee.
Sun over Foreyard = Istilah kelautan yang berarti “waktunya untuk minum”.
Supply
ship = Kapal untuk transportasi peralatan dan perbekalan tambang minyak
lepas pantai atau instalasi yang sedang dibangun atau dalam proses
produksi. Kadang juga disebut Straight Supply atau Platform Supply
Vessel (PSV).
Swab = Alat pel
pelaut untuk mengeringkan geladak. Terbuat dari tali usang yang dijerat
dengan panjang sekitar 4 kaki. kadang dibuat lebih kecil dan diikatkan
pada pegangan kayu untuk digunakan dengan cairan basa untuk membersihkan
kapal.
Swallow the Anchor = Meninggalkan laut dan bersiap untuk berlabuh.
SWATH
= Small Waterplane Area Twin Hull. Desain lambung kapal yang ekonomis
dan dapat melaju cepat, biasanya digunakan untuk kapal ferry cepat atau
kapal cepat lainnya.
Sweat Up = Menarik tali untuk menggulungnya hingga ujung.
Swell
= Serangkaian ombak yang besar dan kuat yang tidak disebabkan oleh
kondisi meteorology di sekitarnya. Biasanya disebabkan oleh angin yang
bertiup jauh dari posisi ombak.
Tally Board = Instruksi di atas kapal untuk mendekati kapal yang kecelakaan dengan meluncurkan roket penyelamat.
Tally Book = Buku untuk mencamtumkan daftar kargo yang diterima oleh atau dikeluarkan dari kapal.
Tanker
= Kapal yang didesain untuk membawa kargo cair dalam beberapa tanki.
Kapal tanker dapat membawa berbagai macam produk diantaranya minyak
mentah, minyak hail penyulingan, bahan kimia cair, gas cair, dan anggur.
Kapal tanker memuat kargonya dengan mengalirkannya dengan pompa.
Tanky
= Bintara laut di Angkatan Laut yang tugasnya mengurusi tanki air
bersih. Sewaktu-waktu tugas ini dilakukan oleh petugas navigasi, yang
dapat juga disebut ‘tanky’ saat melakukan tugas ini.
TCE
= time charter equivalent = ekivalen sewa berdasarkan waktu. Suatu
ukuran harga sewa kapal berdasarkan tingkat harga pasar yang dihitung
dalam satuan $/ton, disesuaikan dengan waktu penyewaan yang dihitung
dalam satuan $/kapal/hari. TCE dihitung sebagai harga sewa dikurangi
pengeluaran tertentu yang tidak dikeluarkan oleh pemilik kapal saat
kapal disewa, dibagi dengan jumlah hari sewa.
Teem = Menuangkan. Mengosongkan.
Tension
Leg Platform = Bangunan terapung atau pelampung yang bermuatan yang
terpasang pada dasar laut dengan rantai vertikal, penopang, dan
lain-lain. Bangunan ini terjaga kestabilan posisinya dengan daya
apungnya sendiri.
Tenth Wave =
Ombak ke sepuluh, yang dipercayai akan lebih tinggi dari sembilan ombak
sebelumnya. Meskipun benar bahwa efek angin akan membuat ombak saling
bertumpuk satu-sama lain sehingga dapat membentuk ombak yang lebih
besar, tetapi tidak pernah dikatakan adanya ombak ke sebelas yang lebih
besar, melainkan ombak yang ke sepuluh. Di beberapa tempat, ombak kelima
lebih besar dari ombak lain secara konsisten.
Thole,
Thole Pin = Pasak dari kayu atau besi yang disisipkan pada bibir perahu
dayung yang tidak memiliki penopang atau pengunci dayung.
Three
Sheets in the Wind = Sebutan bagi seseorang yang berada di bawah
pengaruh minuman keras. Atau untuk kapal yang melaju sempoyongan seperti
orang mabuk.
Ticket = Bahasa
percakapan sehari-hari untuk menyebut sertifikat kompetensi. Umumnya
dianggap sebagai nama yang meremehkan, tetapi dengan pengucapan yang
tepat akan menunjukkan istilah ini dengan baik.
Time
charter = Penyewaan kapal untuk periode waktu tertentu. Pemilik kapal
menyediakan awak kapal, perlengkapan, dan persediaan yang diperlukan
untuk proses pengangkutan kargo selama kapal dalam perjalanan. Pihak
penyewa wajib membayar biaya pergudangan dan biaya perjalanan termasuk
biaya tol kanal dan bea pelabuhan.
Tom Cox's Traverse = Pekerjaan yang diselesaikan oleh seseorang yang biasanya tidak melakukan apapun.
Ton-miles = Ukuran untuk berat kapal tanker. Merupakan berat ton suatu kapal yang dikalikan dengan jarak tempuh.
Touch and Go = Menyentuh daratan dengan keadaan seimbang selama beberapa saat kemudian kembali melanjutkan perjalanan.
Trice = Mengangkat dengan menurunkan tali yang terpusat pada suatu tiang atau berkas ikatan.
Trick = Sebutan bagi tugas yang berhubungan dengan navigasi kapal, khususnya pada kemudi.
Turn = Mengikatkan/memutarkan tali pada paku atau pin.
Turn up = Menguatkan ikatan tali dengan memutarkannya pada sekeliling paku.
ULCC
= Ultra Large Crude Carrier (pembawa minyak mentah ekstra besar). Kapal
tanker laut dengan berat mati lebih dari 320.000dwt, dan didesain untuk
dapat membawa kargo berupa minyak mentah.
Under Foot = Sebutan bagi jangkar yang sedang berada di bawah kapal, dan kabelnya kadang naik turun.
Under
Way = Tidak tertambat pada dermaga atau daratan dengan cara apapun.
Biasa diartikan sebagai bergerak melaju pada perairan/laut.
Unmoor
= Melepas ikatan tambatan kapal pada suatu pelampung atau dermaga.
Membongkar satu jangkar saat sedang bersauh dengan dua jangkar. Melepas
satu ikatan tambatan saat sedang bertambat dengan dua kabel.
Unship = Menurunkan sesuatu dari kapal. Memindahkan sesuatu dari tempatnya.
Up and Down = Sebutan bagi kabel yang terjulur tegang secara vertikal dari jangkar ke lubang rantai jangkar.
Van = Kapal utama yang memimpin beberapa rombongan kapal lainnya.
Venture = Sebuah perusahaan yang menanggung resiko kerugian atas kehilangan sesuatu.
Vessel = Istilah lain untuk kapal yang sering digunakan dalam navigasi.
Vigia = Laporan akan adanya bahaya terhadap navigasi kapal namun belum diteliti kebenarannya.
Vise = Pengesahan atas sebuah dokumen yang telah diperiksa keabsahannya oleh pihak yang berwenang.
VLCC
= Very Large Crude Carrier. Istilah untuk kapal pengangkut minyak
mentah yang berukuran sangat besar, biasanya memiliki bobot mati antara
200.000 sampai 320.000 ton.
Voyage
charter = Kontrak mengenai biaya sewa kapal berdasarkan kapasitas kapal
untuk membawa kargo pada satu kali atau lebih perjalanan. Dalam kontrak
sewa seperti ini, pemilik kapal membayar semua biaya operasi kapal,
termasuk bea pergudangan, kanal, dan pelabuhan, biaya pengemudi,
bongkar-muat, dan agensi kapal. Sedangkan biaya pemeliharaan kargo
dibayar oleh pihak yang ditetapkan pada saat perjanjian. Muatan kapal
dibayar per unit kargo, misalnya ton, atau tergantung satuan yang telah
disetujui.
Wake = Aliran air yang
tiba-tiba mundur dari kapal yang bergerak. Aliran mundur ini disebabkan
oleh gerakan kapal membelah air sehingga air akan bergerak mengisi
kekosongan yang diakibatkannya.
Warming the Bell = Membunyikan lonceng delapan kali sebelum dan sesudah waktu tertentu.
Warp
= 1. benang melintang pada kanvas atau kain; 2. tambang kapal yang
digunakan saat berbelok, biasanya berupa tali yang lebih kecil dari
kabel; 3. tali jangkar; 4. tali penambat
Wash
= 1. aliran air yang memecah saat dilewati lambung kapal; 2. aliran air
yang terganggu oleh baling-baling kapal; 3. belati pada dayung.
Washing Down = Sebutan bagi kapal yang mendekati dan membasahi dermaga dan langsung menjauh melalui jalan keluar pelabuhan.
Watch Bell = Lonceng yang dibunyikan setiap setengah jam untuk penanda waktu.
Water Breaker = Tong kecil untuk membawa air minum ke atas kapal.
Waveson = Barang-barang yang mengapung di permukaan laut setelah terjadi kecelakan kapal.
Way = Kelembaman kapal saat bergerak di air.
Way
Enough = Perintah yang diberikan kepada awak kapal saat berada pada
perahu dayung, yang menyatakan bahwa perahu tersebut dapat berjalan
mulus, dan agar dayung diletakkan di dalam perahu.
Weather Board = Bagian kapal yang menghadapi arah angin.
Well Found = Kondisi kapal saat diperbaiki, disimpan atau saat dicat.
Wetted Surface = Lubang pada permukaan luar kapal yang berhubungan langsung dengan air saat di laut.
Wharfinger = Seseorang yang memiliki atau mengatur dermaga.
Where
Away? = Laporan yang diberikan kepada seseorang perihal arah terhadap
suatu obyek secara tepat yang telah diteliti sebelumnya.
Whistling for Wind = Anekdot dari tradisi lama bahwa meniup peluit akan menyebabkan angin berhembus lebih kencang.
Whistling Psalms to the Taffrail = Istilah pelayaran yang berarti saran yang baik namun tidak dilaksanakan.
White Horses = Gelombang yang bergerak sangat cepat dengan buih-buih udara yang berwarna putih.
Wholesome = Biasa dikatakan bila kondisi kapal sangat baik meskipun berada dalam cuaca yang buruk.
Wind Dog = Pelangi yang tidak sempurna, atau bagian dari pelangi yang mengindikasikan akan adanya badai.
Winding = Memutar kapal dari ujung ke ujung diantara pelampung atau sepanjang dermaga.
Without
Prejudice = Kata yang biasa digunakan saat sebuah pernyataan, komentar
atau aksi tidak dilakukan sebagai perwujudan sebuah persetujuan atau
ketidaksetujuan, atau mengakibatkan suatu hal dalam sebuah perselisihan,
atau di bawah pertimbangan.
Wrack = Hantaman gelombang yang menghancurkan. 2. Rumput laut yang terdampar di pantai.
Yard Arm = Bagian dari pengangkut yang berada diantara bagian pengangkat dan bagian l
uar dari pengangkut.
Yaw = Penyimpangan dari jurusan lurus.
Informasi lebih lanjut:
LPIA Pademangan
Lembaga Kursus Bahasa Inggris dan Pelatihan Komputer.
Jl. BUDI MULIA RAYA, Ruko King No. 8K,
Pademangan Barat JAKARTA UTARA
(DEPAN SDN 07/08 PADEMANGAN)
Telp. 021-46214041
No comments:
Post a Comment