Wednesday, March 4, 2015

REGULAR VERBS (SPELLING AND PRONUNCIATION) BERAKHIRAN -ED

Regular verbs atau kata kerja beraturan atau ada juga yang mengatakan kata kerja yang berakhiran "-ed" adalah ketika bentuk simple past dan past participle adalah sama. LPIA Pademangan biasa menyebut simple past dengan kata kerja kedua (verb 2) dan past participle dengan kata kerja ketiga (verb 3).

SPELLING

Akhiran (Suffix/Final) dalam regular verbs menggunakan "-ed". Kesalahan yang sering saya jumpai adalah ketidaktahuan meletakkan akhiran "-ed" dalam kata kerja dasar. Contoh :
  • play menjadi playd (seharusnya played)
  • study menjadi studyed (seharusnya studied)

Kesalahan di atas disebabkan karena ketidaktahuan seseorang pada kata kata kerja dalam Bahasa Inggris. Saya sarankan untuk banyak membaca dan latihan menulis kalimat dalam bentuk past tense. Berikut ini adalah contoh-contoh dengan akhiran -ed.

Akhiran ed : answered, called, cleaned, cooked, planned,  (semua kata kerja yang berakhiran huruf konsonan, dan beberapa huruf harus di-double sebelum ditambahkan "-ed").

PRONUNCIATION

Dalam pengucapan kata kerja yang berakhiran "-ed" sebagian  besar orang biasanya mengucapkannya dengan tebal atau sangat jelas. Padahal hanya kata kerja yang bersuara (bukan berakhiran huruf) "t" dan "d" yang diucapkan jelas dan tebal. Dalam pengucapan atau pelafalan ini juga ada tiga macam yaitu :
  • Ketika akhiran "-ed" diucapkan "t", "e"-nya tidak bersuara dan "d"-nya dilafalkan sebagai "t". Kata kerja yang bersuara akhir : S, SH, CH, K, P, F (berakhiran huruf -ed). Contoh : missed (dilafalkan misst), washed (dilafalkan washt), watched (dilafalkan watcht), looked (dilafalkan lookt), stopped (dilafalkan stopt) dan laughed (dilafalkan laught).
  • Ketika akhiran "-ed" diucapkan "d", "e"-nya tidak bersuara dan "d"-nya dilafalkan sebagai "d". Kata kerja yang bersuara vokal dan konsonan yang bersuara akhir : Z, B, G, V, M, L dan N. Contoh : answered (dilafalkan answerd), quizzed (dilafalkan quizd), robbed (dilafalkan robd), lived (dilafalkan livd), seemed (dilafalkan seemd), called (dilafalkan calld) dan cleaned (dilafalkan cleand).
  • Ketika "-ed" diucapkan atau dilafalkan dengan jelas sebagai "id". Kata kerja yang bersuara akhir D dan T. Contoh : needed (dilafalkan needid), decided (dilafalkan decidid), wanted (dilafalkan wantid) dan invited (dilafalkan invitid).

Pembentukan Verb + ed

LPIA Pademangan kali ini membahas mengenai cara pembentukan Verb + -ed yang kadang kita bingung ketika akan menambahkan akhiran (suffix) -ed pada verb (kata kerja). Sebagaimana kita ketahui, penambahan akhiran (suffix) -ed pada verb tidak semudah yang kita kira. Di bawah ini terdapat beberapa kriteria yang bisa memengaruhi penambahan akhiran (suffix) -ed pada verb:

  1. Verb (kata kerja) yang berakhiran huruf mati (consonant) 
    1. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf mati (consonant) yang mana didahului oleh satu huruf hidup (vowel) dengan satu suku kata (one syllable) seperti pada kata stop, rob dan beg mendapat akhiran (suffix) -ed dengan mengulang huruf mati (consonant) akhir verb (kata kerja) tersebut.
      Contoh:Verb-ed
      Stop Stopped
      Rob Robed
      Beg Begged
      Sit Sitted
      Tap Tapped
    2. Tapi untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf mati (consonant) yang mana didahului oleh dua huruf hidup (vowel) dengan satu suku kata (one syllable), seperti pada kata rain, fool, dan dream mendapat akhiran (suffix) -ed tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. Contoh:
      Verb -ed
      Rain Rained
      Fool Fooled
      Dream Dreamed
      Gain Gained
      Boil Boiled
  2. Verb (kata kerja) yang berakhiran huruf mati dengan lebih dari satu suku kata (consonant)

    1. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf mati (consonant) dengan lebih dari satu suku kata (more than one syllable) seperti pada kata listen, offer, dan open mendapat akhiran (suffix) -ed tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut.
      Contoh:
      Verb -ed
      Listen Listened
      Offer Offered
      Open Opened
    2. Tetapi untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf mati (consonant) dengan lebih dari dua suku kata (more than two syllable) yang mendapat tekanan pada huruf akhir verb (kata kerja) tersebut, seperti pada kata prefer, control, dan admit mendapat akhiran (suffix) -ed dengan mengulang huruf akhir pada verb (kata kerja) tersebut.  Contoh:
      Verb -ed
      Prefer Preferred
      Control Controlled
      Admit Admitted
  3. Verb (kata kerja) yang berakhiran dua huruf mati (consonant) 
    Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran dua huruf mati (consonant) seperti pada kata start, fold dan demand mendapat akhiran (suffix) -ed tanpa ada perubahan pada verb (kata kerja) tersebut. Contoh:
    Verb -ed
    Start Started
    Fold Folded
    Demand Deamnded
    Point Pointed
  4. Verb (kata kerja) yang berakhiran huruf -y

    1. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf -y yang didahului oleh huruf hidup (vowel) seperti pada kata enjoy, pray, dan decay mendapat akhiran (suffix) -ed tanpa adanya perubahan pada verb (kata kerja) tersebut.  Contoh:
      Verb -ed
      Enjoy Enjoyed
      Pray Prayed
      Decay Decayed
    2. Untuk verb (kata kerja) yang berakhiran huruf -y yang didahului oleh huruf mati (consonant) seperti pada kata study, try, dan reply mendapat akhiran (suffix) -ed dengan mengubah huruf akhir -y pada verb (kata kerja) menjadi huruf -i.
      Contoh:
      Verb -ing
      Study Studied
      Try Tried
      Reply Replied


Informasi lebih lanjut:
LPIA Pademangan
Lembaga Kursus Bahasa Inggris dan Pelatihan Komputer.
Jl. BUDI MULIA RAYA, Ruko King No. 8K,
Pademangan Barat JAKARTA UTARA
(DEPAN SDN 07/08 PADEMANGAN)
Telp. 021-46214041

No comments:

Post a Comment

Customer Service:


Mobile :


Let's Get Connected: Twitter | Facebook |